Minggu, 25 Januari 2015

MODUL

Tinjauan Mata Pelajaran
1.      Deskripsi Mata Pelajaran.
Pendidikan Agama Islam dirancang untuk mempelajari Agama Islam guna memperkuat keimanan siswa kepada Allah SWT, serta memperluas wawasan hidup beragama. Dalam Mata pelajaran ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak/Tasawuf.
Pendidikan Agama di Sekolah menengah Pertama bertujuan untuk membantu terbinanya siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional, berpandangan luas, ikut serta mengembangkan dan memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk kepentingan manusia. Mata pelajaran Pendidikan Agama merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari kelompok Mata pelajaran budi pekerti dan wajib diambil oleh setiap siswa yang beragama Islam pada semua jenjang pendidikan.
2.      Manfaat Mata Pelajaran
Manfaat Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama ini sebagai penunjang bekal pengetahuan seorang siswa agar  mengenal lebih dalam lagi tentang ilmu agama islam, sebagai persiapan  siswa untuk menghadapi pendidikan agama islam di jenjang yang lebih tinggi, baik ditingkat SLTA sederajat maupun di Perguruan Tinggi.
3.      Tujuan/Standar Kompetensi
Adapun tujuan atau standar Kompetensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah siswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang Pendidikan Agama Islam sebagai konsep, teori dan implementasi dalam praktek Pendidikan Agama Islam serta pengamalan sehari-hari dalam kehidupan dilingkungan sekolah dan masyarakat luas.
4.      Susunan Bahan Ajar :
a.       Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari Pemahaman Rukun Iman.
1.      Menghayati Al-Qur’an
2.      Rukun Iman Ada enam Perkara
3.      Penjelasan konsep Al Qur’an tentang taqwa

4.      Implikasi taqwa dalam kehidupan

5.      Dampak orang yang bertaqwa
b.      Beriman Kepada Allah SWT.
1.      Pengertian Iman
2.      Pengertian Iman Kepada Allah SWT
3.      Makrifat
4.      Cara Mengakui Ada-NYA Allah SWT.
5.      Dalil-dalil Iman Kepada Allah SWT yang terkandung di dalam al-Quran dan hadis-hadis nabi.
c.       Beriman Kepada Malaikat Allah SWT
1.      Pengertian Malaikat
2.      Beriman Kepada Malaikat
5.      Cara Pembelajaran.
Bagi Pembaca yang ingin mempelajari modul ini, cermatilah segala kalimat dan Bahasan dengan seksama, pahami gaya bahasa dan maksud yang disampaikan penulis, agar pembaca dapat mengambil pelajaran dari apa yang ada di modul ini, carilah referensi lain yang berkaitan dengan pokok bahasan modul ini dan tanyakan pada ahlinya untuk mendapatkan kepahaman yang jelas.








Kegiatan Belajar I
a.      Menghayati Al-Qur’an  sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman

1.      Menghayati Al-Qur’an
Al-Qur'an merupakan sumber utama bagi kehidupan umat Islam, baik dari segi hukum, sosial, pendidikan, ekonomi, politik, dakwah, budaya, dan lain sebagainya dan yang paling utama adalah menunjukkan jalan lurus menuju ke surga dan me-wanti-wanti bahaya dan mengerikannya siksa neraka. Dan seperti inilah seharusnya umat Islam berinteraksi dengan Al-Qur'an. Karena Allah SWT ketika menurunkannya, berkeinginan agar Al-Qur’an dijadikan sebagai pedoman hidup manusia, guna mencapai kebahagiaan yang sebenarnya, baik di dunia maupun di akhirot.
1.      Memperhatikan (menghayati) merupakan perintah Allah SWT, sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Al-Qur'an
(47:24):  أفلا يتدبرون القرآن أم على قلوب أقفالها
 "Maka apakah mereka tidak memperhatikan al-Qur'an, ataukah hati mereka terkunci?"
2.      Memperhatikan penting guna memahami isi kandungan / makna al-Qur'an agar faham apa yang menjadi perintah-larangan Allah yang ada didalam al-Qur'an.
3.      Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan menghayati al-Qur'an merupakan sarana untuk menambah keimanan kepada Alllah SWT. Dalam al-Qur'an Allah berfirman (8 : 2):
 إنما المؤمنون الذين إذا ذكر الله وجلت قلوبهم وإذا تليت عليهم آياته زادتهم إيمانا وعلى ربهم يتوكلون
 "Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut Allah, gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka dan kepada Tuhan mereka-lah mereka bertawakal.”
4.      Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan dan menghayati al-Qur'an juga merupakan sarana untuk menggerogoti dan menghilangkan karat-karat yang melekat pada hati manusia. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda,
 قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن القلوب تصدع كما يصدع الحديد،
 قالوا وما جلاءها يا رسول الله؟ قال تلاوة القرآن وذكر الموت.
“Sesungguhnya hati manusia itu memiliki potensi untuk berkarat sebagaimana berkaratnya besi. Sahabat bertanya, kalau demikian maka apakah pengikisnya wahai Rasulullah SAW?, beliau menjawab, tilawatul Qur’an wa dzikrul maut.” (HR. Tabrani)
Jadi bagaimana ketika kita membaca al-Qur'an itu kita bisa memahami, menghayati makna dan keterangan dari setiap ayat yang kita baca. Membiarkan hati kita bergetar membayangkan bahwa Maha Kuasa-nya Allah setiap segala sesuatu dan betapa indah dan ajaibnya al-Qur'an yang di turunkan-Nya, membayangkan cerita-cerita yang ada didalam al-Qur'an untuk kita ambil hikmahnya, menanamkan dengan dalam rasa takut kepada ancaman-ancaman dari Allah jika melanggar perintahnya, dan berusaha bagaimana agar bisa mendapatkan kenikmatan-Nya yang pol berupa surga bagi manusia yang selalu bertaqwa kepadanya.. Mengerti makna dan keterangan dalam al-Qur'an tentu saja tidak dari kamus, buku-buku, atau angan-angan sendiri, dibutuhkan ngaji atau belajar langsung dengan ustadz(ah) atau guru yang benar-benar mengerti tentang al-Qur'an.
2.      RUKUN IMAN ADA ENAM PERKARA :
1.      BERIMAN KEPADA ALLAH SWT
Beriman kepada Allah s.w.t merupakan Rukun Iman yang pertama, yang menjadi dasar keimanan seseorang itu. Beriman kepada Allah s.w.t beerti wajib mempercayai Allah s.w.t itu ada, Ia Maha Berkuasa, Maha Mencipat dan Maha Mengetahui segala apa yang ada di langit, di udara, di muka bumi dan juga di lautan. Dia adalah Maha Esa, yakni tunggal dan tidak menyerupai dan tidak diserupai oleh sesuatu.
Seperti firman-Nya yang bermaksud :
"Katakanlah wahai Muhammad, bahawa Allah itu satu. Allah tempat segala makhluk bergantung. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak sesiapapun yang setara atau seumpama dengan Allah."
2.       BERIMAN KEPADA MALAIKAT
Beriman kepada malaikat beerti wajib bagi setiap orang Islam mengetahui bahawa malaikat adalah makhluk yang Allah s.w.t jadikan daripada cahaya dan boleh berupa berbagai bentuk, tidak bersifat seperti sifat manusia. Malaikat juga menjalankan perintah Allah s.w.t dengan taat dan patuh. Jumlah malaikat adalah terlalu banyak dan kita sebagai umat Islam wajib mengetahui 10 daripadanya.
            Nama Malaikat                              Tugasnya
a.       Jibril                                        Menyampaikan wahyu
b.      Raqib                                       Mencatat amalan keburukan
c.       Atib                                         Mencatat amalan kebaikan
d.      Izrail                                        Mengambil nyawa
e.       Mikail                                      Menurunkan rezeki
f.       Israfil                                       Meniup sangkakala
g.      Mungkar                                  Menyoal orang mati
h.      Nankir                                     Menyoal orang mati
i.        Malik                                       Menjaga neraka
j.        Ridzuan                                   Menjaga syurga

3.       BERIMAN KEPADA RASUL
Beriman kepada Rasul dan Nabi merupakan rukun Iman yang ketiga. Bagi orang Islam wajiblah yakin dan percaya bahawa Allah s.w.t telah mengutuskan para Rasul dan Nabi kepada manusia di dunia ini bagi menunjukkan jalan ke arah kebenaran dan kebahagian di dunia dan di akhirat. Jumlah Nabi dan Rasul yang wajib diketahui adalah seramai 25 orang.
4.      BERIMAN KEPADA KITAB
Beriman kepada kitab Allah bererti kita wajib beriktikad dan yakin dengan sebenar-benarnya bahawa sesungguhnya Allah s.w.t mempunya beberapa kitab suci yang merupakan firman Allah s.w.t yang hakiki. Diturunkan melalui wahyu yang disampaikan melalui perantaraan malaikat Jibril a.s. Sejak Zaman Nabi Adam a.s sehinnga kepada Nabi Muhammad s.a.w, jumlah kitab suci yang diturunkan adalah sebanyak 104 iaitu 100 buah suhuf dan 4 buah kitab suci.
Senarai kitab dan penerimanya :
a.       Taurat - Nabi Musa a.s
b.      Zabur - Nabi Daud a.s
c.       Injil - Nabi Isa a.s
d.      Al-Quran - Nabi Muhammad s.a.w
5.      BERIMAN KEPADA HARI AKHIRAT
Percaya kepada hari akhirat ialah kita wajib beriktikad dan meyakini bahawa akan adanya hari akhirat atau hari kiamat (pembalasan) di mana pada hari itu semua manusia akan dibangunkan kembali di padang Mahsyar untuk menerima hukuman berdasarkan segala amal perbuatan mereka semasa mereka hidup di muka bumi Allah s.w.t ini.
Ø  Tanda-tanda kecil akan kedatangan hari akhirat :
1.            Sedikit orang alim dan banyak orang jahil.
2.            Perempuan lebih ramai daripada lelaki.
3.            Urusan agama ditakbir oleh orang yang bukan ahli.
4.            pelacuran dan maksiat berlaku dengan meluas.
5.            Minum arak dan benda yang memabukkan menjadi kebanggaan.
6.            Orang miskin menjadi kaya, membina bangunan dan gedung tinggi mencakar langit.
7.            Banyak berlaku gerak gempa.
Ø  Tanda-tanda Besar akan kedatangan hari akhirat :
1.      Keluar dajjal merosakkan agama.
2.      Keluar binatang yang dipanggil Dabbatul Ard merusakkan manusia.
3.      Keluar Yakjuj dan Makjuj.
4.      Hilangnya al-Quran dari mashafnya.
5.      Terbit matahari dari sebelah barat.
6.              BERIMAN KEPADA QADA DAN QADAR
         Beriman kepada qada dan qadar disebut juga sebagai percaya kepada takdir. Iaitu seseorang itu mesti yakin dan percaya bahawa segala yang berlaku dalam alam ini semuanya ketentuan dan ketetapan Allah s.w.t.
Arti Qadar :
Ketentuan yang mesti berlaku atas tiap-tiap makhluk, sesuai denag batas-batas yang telah ditentukan oleh Allah s.w.t sejak azali lagi sama ada yang baik atau buruk.
Arti Qada :
Ialah pelaksanaan Allah s.w.t terhadap apa yang telah ditetapkan sejak azali lagi.
3.      Penjelasan konsep Al Qur’an tentang taqwa
Secara etimologis kata taqwa merupakan bentuk masdar dari ittaqâ–yattaqiy ittaqâ–yattaqiy (اتَّقَى- يَتَّقِىْ),yang bearti “menjaga diri dari segala yang membahayakan”. Kata ini berasal dari kata waqa-yagi-wiqayah yang berarti “menjaga diri menghindari dan menjahui” yaitu menjaga sesuatu dari segala yang dapat menyakiti dan mencelakan. Jadi yang dimaksud taqwa adalah kata yang sudah umum didengar dan sangat familiar baik di dunia keagamaan maupun pendidikan. Taqwa mengandung pengertian yang berbeda-beda di kalangan ulama, namun semuanya bermuara pada satu pengertian yaitu Seorang hamba melindungi dirinya dari kemurkaan Allah azza wa jalla dan juga siksaNya. Hal itu dilakukan dengan melaksanakan yang diperintahkan dan menjauhi yang dilarangNya
Beberapa Ciri-ciri Orang Bertaqwa Dalam Al-Qur’an Berdasarkan beberapa ayat Alqur’an, ada beberapa ciri orang bertaqwa, diantaranya : 1) beriman dan meyakini tanpa keraguan bahwa Alqur’an sebagai pedoman hidupnya. 2) beriman kepada perkara-perkara yang gaib. 3) mendirikan sembahyang; 4) orang yang selalu membelanjakan sebahagian dari rezeki yang diperolehnya.  5) orang yang selalu mendermakan hartanya baik ketika senang maupun susah; 6) orang yang bisa menahan amarahnya, dan mudah memberi maaf;.7) mensyukuri nikmat Allah yang telah diterimanya, karena Allah mengasihani orang-orang yang selalu berbuat kebaikan.8) takut melanggar perintah Allah. 9) oleh karena itu, tempat mereka adalah surga sesuai dengan yang dijanjikan Allah, dan tempatnya tidak jauh dari mereka.
4.      Implikasi taqwa dalam kehidupan
Implikasi taqwa dalam kehidupan adalah  adalah mereka – mereka yang taat kepada apapun yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Contohnya : menjalankan ibadah sholat, puasa, zakat, saling menolong kepada sesama manusia, dan sebagainya
a.       Selalu ingat Allah dan bertaubat.
"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya." (QS. Al A'raaf : 201)
b.      Takut kepada Rabb-nya meskipun tidak bisa melihat-Nya.
"(yaitu) orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat-Nya, dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat." (QS. Al Anbiyaa' : 49)
"Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua syurga" (QS. Ar Rahmaan :46)
c.       Taat selamanya hanya kepada Allah.
"Dan kepunyaan-Nya-lah segala apa yang ada di langit dan di bumi, dan untuk-Nya-lah ketaatan itu selama-lamanya. Maka mengapa kamu bertakwa kepada selain Allah?" (QS. An Nahl : 52)
d.      Beriman, mendirikan sholat, dan menafkahkan rezki di jalan Allah
"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka." (QS. Al Baqarah : 3)
"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa" (QS. Al Baqarah : 177)
5.      Dampak orang yang bertaqwa.
Orang-orang bertakwa diberi berbagai kelebihan oleh Allah Swt, tidak hanya ketika mereka di akhirat nanti tetapi juga ketika mereka berada di dunia ini. Beberapa kelebihan mereka disebutkan di dalam al-Quran, antara lain: (1) Dibukakan jalan keluar pada setiap kesulitan yang dihadapinya (2) Dimudahkan segala urusannya (3) Dilimpahkan kepadanya berkah dari langit dan bumi (4) Dianugerahi furqân (فُرْقَان), yakni petunjuk untuk dapat membedakan yang hak dan bathil dan (5) Diampuni segala kesalahan dan dihapus segala dosanya. Dalam Qs. Ali Imron ayat 102 Allah berfirman Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benarnya taqwa kepadaNya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. Jika seorang ingin mencapai derajat taqwa mustahil ia dapatkan dalam waktu yang sekejap melainkan melalui proses yang sangat panjang dengan izin Allah. Allah pun tidak melihat hasil melainkan proses melalui ujian-ujian yang diberikan pada hambaNya baik dalam bentuk kebaikan maupun keburukan, kelonggaran maupun kesempitan dan sebagainya. Allah pun memberikan keluasaan untuk memilih bagi hambanya dua jalan yang terbentang dihadapannya berupa jalan fujur dan taqwa sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an.
Allah menegaskan, bahwa barang siapa yang selalu berupaya merealisir takwanya dalam segala aktivitas riil-konkrit kesehariannya, maka Allah tidak hanya akan memberinya kebaikan di dunia–kebaikan sosial, kebaikan profesi, dan kebaikan solusi bagi problema dirinya, tetapi juga pahala yang sangat besar. Aktualisasi takwa di sisi lain akan mendorong umat manusia, untuk tidak pernah berhenti melakukan perubahan dan kompetisi. Bukan kompetisi untuk memunculkan yang munkar, tapi kompetisi untuk memunculkan yang baik. Keragaman baik itu budaya, suku, ras, dan agama, maupun juga ragam profesi dalam konteks takwa bukanlah hambatan untuk bekerja maksimal merealisir amal saleh dan membawa amal jariyah.  “Hai manusia, sesungguhnyaa Kami mencip-takan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu.  Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”
b.      Tes Foematif.
Setelah kita membaca modul diatas, untuk menguji kemampuan dalam belajar maka akan diadakan tes formatif dengan soal sebagai berikut :
1.      Sebutkan Pengertian Al-Qur’an ?
2.      Jelaskan Dampak-dampak orang yang bertaqwa dalam kehidupan sehari-hari ?
3.      Coba Anda sebutkan apa Implikasi dari orang yang bertaqwa ?
c.       Umpan Balik
Siswa Mampu membaca dan menulis Al-Qur’an serta bisa menghayati apa yang menjadi Kandungan dalam al-Quran, sehingga bisa mengimplemtasikan dalam kehidupan sehari-hari,  menjadi seorang yang beraklak mulia dan menjadi generasi penerus yang berjiwa religious untuk menghadapi era globalisasi dan tantangan zaman di masa yang akan dating.
d.      Tindak Lanjut.
Modul ini dibuat untuk mempermudah peserta didik untuk bisa belajar dengan mandiri, masih banyak kekurangan yang terdapat dalam modul ini, kiranya pembaca atau peserta didik bisa mencari sumber-sumber yang lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang berkaitan dengan judul dan pembahasan tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
e.       Rangkuman.
Al-Qur'an merupakan sumber utama bagi kehidupan umat Islam, baik dari segi hukum, sosial, pendidikan, ekonomi, politik, dakwah, budaya, dan lain sebagainya dan yang paling utama adalah menunjukkan jalan lurus menuju ke surga dan me-wanti-wanti bahaya dan mengerikannya siksa neraka. Dan seperti inilah seharusnya umat Islam berinteraksi dengan Al-Qur'an.
Allah menegaskan, bahwa barang siapa yang selalu berupaya merealisir takwanya dalam segala aktivitas riil-konkrit kesehariannya, maka Allah tidak hanya akan memberinya kebaikan di dunia–kebaikan sosial, kebaikan profesi, dan kebaikan solusi bagi problema dirinya, tetapi juga pahala yang sangat besar. Aktualisasi takwa di sisi lain akan mendorong umat manusia, untuk tidak pernah berhenti melakukan perubahan dan kompetisi. Bukan kompetisi untuk memunculkan yang munkar, tapi kompetisi untuk memunculkan yang baik. Keragaman baik itu budaya, suku, ras, dan agama, maupun juga ragam profesi dalam konteks takwa bukanlah hambatan untuk bekerja maksimal merealisir amal saleh dan membawa amal jariyah.
f.       Kunci Jawaban
2.      Segi Bahasa
Dari segi bahasa, Qur’an berasal dari qara’a, yang berarti menghimpun dan menyatukan. Sedangkan Qira’ah berarti menghimpun huruf-huruf dan kata-kata yang satu dengan yang lainnya dengan susunan yang rapih. Adapun dari segi istilahnya, Dr. Subhi Al Salih mendefinisikan Al-Qur'an sebagai berikut, AlQur’an adalah Kalamullah yang merupakan mu’jizat yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW, yang disampaikan kepada kita secara mutawatir dan dijadikan membacanya sebagai ibadah.
3.      Dampak-dampak orang yang bertaqwa ?
1.      Dibukakan jalan keluar pada setiap kesulitan yang dihadapinya.
2.      Dimudahkan segala urusannya
3.      Dilimpahkan kepadanya berkah dari langit dan bumi.
4.      Dianugerahi furqân (فُرْقَان), yakni petunjuk untuk dapat membedakan yang hak dan bathil dan
5.      Diampuni segala kesalahan dan dihapus segala dosanya. Dalam Qs. Ali Imron ayat 102 Allah berfirman Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benarnya taqwa kepadaNya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. Jika seorang ingin mencapai derajat taqwa mustahil ia dapatkan dalam waktu yang sekejap melainkan melalui proses yang sangat panjang dengan izin Allah. Allah pun tidak melihat hasil melainkan proses melalui ujian-ujian yang diberikan pada hambaNya baik dalam bentuk kebaikan maupun keburukan, kelonggaran maupun kesempitan dan sebagainya. Allah pun memberikan keluasaan untuk memilih bagi hambanya dua jalan yang terbentang dihadapannya berupa jalan fujur dan taqwa sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an.
3.      Implikasi Orang bertakwa.
1.      Selalu ingat Allah dan bertaubat.
2.      Takut kepada Rabb-nya meskipun tidak bisa melihat-Nya.
3.      Taat selamanya hanya kepada Allah.

4.      Beriman, mendirikan sholat, dan menafkahkan rezki di jalan Allah
g.      Senerai
1.      Hadis : Perintah, Perbuatan, Tingkah Laku, Ucapan Nabi yang diriwayatkan oleh para sahabat dan periwayat lainnya.
2.      Firman : Kalam Allah, Perkataan tuhan
3.      Hari Akhirat : Hari Kiamat
4.      Dajjal : Pembohong, Penipu, tukang penyebar kebatilan
5.      Implikasi :Kesimpulan, Keterlibatan atau keadaan terlibat, pelibatan, Penyelipan Masalah
6.      Taqwa : Orang Melaksanakan perintah-NYA dan menjauhi Larang-NYA











KEGIATAN BELAJAR II
a.      BERIMAN KEPADA ALLAH SWT
1.      Pengertian Iman
Pengertian iman dari bahasa Arab yang artinya percaya. Sedangkan menurut istilah, pengertian iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan). Dengan demikian, pengertian iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata.           Jadi, seseorang dapat dikatakan sebagai mukmin (orang yang beriman) sempurna apabila memenuhi ketiga unsur keimanan di atas.
Apabila seseorang mengakui dalam hatinya tentang keberadaan Allah, tetapi tidak diikrarkan dengan lisan dan dibuktikan dengan amal perbuatan, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan sebagai mukmin yang sempurna. Sebab, ketiga unsur keimanan tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan. Beriman kepada Allah adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi seseorang. Allah memerintahkan agar ummat manusia beriman kepada-Nya, sebagaimana firman Allah yang akan dibahas dimateri berikutnya dibawah ini :
2.      Pengertian Iman Kepada Allah
Iman kepada Allah ialah:
a.         Membenarkan dengan yakin akan adanya Allah;
b.        Membenarkan dengan yakin akan keesaan-Nya, baik dalam perbuatan-Nya menciptakan alam makhluk seluruhnya, maupun dalam menerima ibadat segenap makhluk-Nya;
c.         Membenarkan dengan yakin, bahwa Allah bersifat dengan segala sifat sempurna, suci dari segala sifat kekurangan dan suci pula dari menyerupai segala yang baharu (makhluk).
3.      Makrifat
Perlu dijelaskan lebih dahulu, bahwa membenarkan dalam pengertian iman seperti yang tersebut di atas, ialah suatu pengakuan yang didasarkan kepada makrifat. Karena itu perlulah kiranya diketahui dahulu akan arti dan kedudukan makrifat itu.
Makrifat ialah: "Mengenal Allah Tuhan seru sekalian alam" untuk mengenal Allah, ialah dengan memperhatikan segala makhluk-Nya dan memperhatikan segala jenis kejadian dalam alam ini. Sesungguhnya segala yang diciptakan Allah, semuanya menunjukkan akan "adanya Allah". memakrifati Allah, maka Dia telah menganugerahkan akal dan pikiran. Akal dan pikiran itu adalah alat yang penting untuk memakrifati Allah, Zat yang Maha Suci, Zat yang tiada bersekutu dan tiada yang serupa. Dengan memakrifati-Nya tumbuhlah keimanan dan keislaman. Makrifat itulah menumbuhkan cinta, takut dan harap. Menumbuhkan khudu' dan khusyuk didalam jiwa manusia. Karena itulah makrifat dijadikan sebagai pangkal kewajiban seperti yang ditetapkan oleh para ahli ilmu Agama. Semuanya menetapkan: "Awwaluddini, ma'rifatullah permulaan agama, ialah mengenal Allah". Dari kesimpulan inilah pengarang az-Zubad merangkumkan syairnya yang berbunyi:
Permulaan kewajiban manusia, ialah mengenal akan Allah dengan keyakinan yang teguh.
Dalam pada itu, harus pula diketahui, bahwa makrifat yang diwajibkan itu, ialah mengenali sifat-sifat-Nya dan nama-nama-Nya yang dikenal dengan al-Asmaul Husna (nama-nama yang indah lagi baik). Adapun mengetahui hakikat Zat-Nya, tidak dibenarkan, sebab akal pikiran tidak mampu mengetahui Zat Tuhan. Abul Baqa al-'Ukbary dalam Kulliyiat-nya menulis: "ada dua martabat Islam: (l) di bawah iman, yaitu mengaku (mengikrarkan) dengan lisan, walaupun hati tidak mengakuinya; dan (2) di atas iman, yaitu mengaku dengan lidah mempercayai dengan hati, dan mengerjakan dengan anggota".
Sebagian besar ulama Hanafiyah dan ahli hadits menetapkan bahwa iman dan Islam hanya satu. Akan tetapi Abul Hasan al-Asy'ari mengatakan: Iman dan Islam itu berlainan".
Abu Manshur al-Maturidi berpendapat, bahwa: "Islam itu mengetahui dengan yakin akan adanya Allah, dengan tidak meng-kaifiyat-kan-Nya dengan sesuatu kaifiyat, dengan tidak menyerupakan-Nya dengan sesuatu pun dari makhluk-Nya. Tempatnya yang tersebut ini, ialah dalam hati. Iman ialah mempercayai (mengetahui) akan ketuhanan-Nya dan tempatnya ialah di dalam dada (hati). Makrifat ialah mengetahui Allah dan akan segala sifat-Nya. Tempatnya ialah di dalam lubuk hati (fuad). Tauhid ialah mengetahui (meyakini) Allah dengan keesaan-Nya. Tempatnya ialah di dalam lubuk hati dan itulah yang dinamakan rahasia (sir).
Inilah empat ikatan, yakni: lslam, iman, makrifat, dan tauhid yang bukan satu dan bukan pula berlainan. Apabila keempat-empatnya bersatu, maka tegaklah Agama.
4.      Cara Mengakui Ada-Nya Allah
Mengakui ada-Nya Allah, ialah: "Mengakui bahwa alam ini mempunyai Tuhan yang wajib wujud (ada-Nya), yang qadim azali, yang baqi (kekal), yang tidak serupa dengan segala yang baharu. Dialah yang menjadikan alam semesta dan tidaklah sekali-kali alam ini terjadi dengan sendirinya tanpa diciptakan oleh yang wajib wujud-Nya itu".
Demikianlah ringkasan cara mengetahui akan ada-Nya Allah, Sang Maha Pencipta dan Maha Pengendali alam yang sangat luas dan beraneka ragam ini.
5.      Dalil-Dalil Tentang Iman Kepada Allah
Firman Allah SWT:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَى رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا بَعِيدًا


Wahai orang yang beriman; berimanlah kamu kepada Allah, Rasul-Nya (Muhammad SAW), kitab yang diturunkan kepada Rasul-Nya dan kitab yang telah diturunkan sebelumnya. Barangsiapa kafir (tidak beriman) kepada Allah, malaikat-Nya. kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan Hari Akhirat, maka sesungguhnya orang itu sangat jauh tersesat. QS. an-Nisaa' (4): 136.
وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ
Dan Tuhan itu, Tuhan Yang Maha Esa. Tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. QS. al-Baqarah (2): 163.

اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَلا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah itu tunggal, tidak ada Tuhan selain Dia, yang hidup tidak berkehendak kepada selain-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya lah segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi. Bukankah tidak ada orang yang memberikan syafaat di hadapan-Nya jika tidak dengan seizin-Nya? Ia mengetahui apa yang di hadapan manusia dan apa yang di belakang mereka, sedang mereka tidak mengetahui sedikit jua pun tentang ilmu-Nya, kecuali apa yang dikehendaki-Nya. Pengetahuannya meliputi langit dan bumi. Memelihara kedua makhluk itu tidak berat bagi-Nya. Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. QS. al-Baqarah (2): 255.


Dialah Allah, Tuhan Yang Tunggal, yang tiada Tuhan selain Dia, yang mengetahui perkara yang tersembunyi (gaib) dan yang terang Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dialah Allah, tidak tidak ada Tuhan selain Dia, Raja Yang Maha Suci, yang sejahtera yang memelihara, yang Maha Kuasa. Yang Maha Mulia, Yang Jabbar,lagi yang Maha besar, maha Suci Allah dari segala sesuatu yang mereka perserikatkan dengannya. Dialah Allah yang menjadikan, yang menciptakan, yang memberi rupa, yang mempunyai nama-nama yang indah dan baik. Semua isi langit mengaku kesucian-Nya. Dialah Allah Yang Maha keras tuntutan-Nya, lagi Maha Bijaksana. QS. al-Hasyr (59): 22-24
Dalam Surat Al-Ikhlash, yang mempunyai arti:
"Katakanlah olehmu (hai Muhammad): Allah itu Maha Esa. Dialah tempat bergantung segala makhluk dan tempat memohon segala hajat. Dialah Allah, yang tiada beranak dan tidak diperanakkan dan tidak seorang pun atau sesuatu yang sebanding dengan Dia." QS. al-Ikhlash (112): 1-4.
Sabda RasululIah SAW:
Katakanlah olehmu (wahai Sufyan, jika kamu benar-benar hendak memeluk Islam): Saya telah beriman akan Allah; kemudian berlaku luruslah kamu. (HR. Taisirul Wushul, 1: 18).
Manusia yang paling bahagia memperoleh syafaat-Ku di hari kiamat, ialah: orang yang mengucapkan kalimat La ilaha illallah. (HR. Muslim, Taisirul Wushul, 1: 12).
Barangsiapa mati tidak memperserikatkan Allah dengan sesuatu, pasti masuk surga. Dan barangsiapa mati tengah memperserikatkan Allah dengan sesuatu, pasti masuk neraka. (HR. Muslim, Taisirul Wushul, 1: 12.
b.      Tes Formatif.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.      Apa Pengertian Iman, Jelaskan !
2.      Apa Pengertian Iman Kepada Allah SWT, Jelaskan !
3.      Apa Yang dimaksud dengan makrifat, Jelaskan !
c.       Umpan Balik
Dengan mengenal ciptaan Allah SWT kita semakin yakin dan bisa menambah keimanan kita, langit diciptakan tanpa tiang, ini bukti kuasa Allah kepada Hambanya yang nyata-nyata bisa langsung dilihat oleh mata telanjang, dan keberadaan ciptaan Allah SWT yang berbeda satu sama yang lainnya juga bukti konkrit bahwa Allah SWT Benar-benar ada, Beriman Kepada Allah SWT cukup dengan melihat kebesaran dan merenungi apa yang Allah SWT ciptakan, sehingga kita akan bertanbah kadar keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT.
d.      Tindak Lanjut
Ke-Esaan Allah SWT sampai saat ini belum ada yang bisa menandinginya, semua firman-firman Allah SWT yang tertuang dalam Al-Qur’an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dan jalan lurus bagi orang yang beriman dan bertakwa, telah terbukti ampuh dan mampu menjawab tantangan zaman, apa yang diceritakan dan apa yang dikabarkan dalam al-Qur’an, tentang kabar baik dan buruk semuanya akan terjadi dimuka bumi ini, walaupun ada yang sifatnya rahasia.
Beriman Kepada Allah SWT dengan mengimani Mahkluk ciptaannya akan menambah keimanan yang kuat dan hidup menjadi nikmat.
e.       Rangkuman.
Pengertian iman dari bahasa Arab yang artinya percaya. Sedangkan menurut istilah, pengertian iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan). Dengan demikian, pengertian iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata. Jadi, seseorang dapat dikatakan sebagai mukmin (orang yang beriman) sempurna apabila memenuhi ketiga unsur keimanan di atas.
Iman kepada Allah ialah:
a.         Membenarkan dengan yakin akan adanya Allah;
b.        Membenarkan dengan yakin akan keesaan-Nya, baik dalam perbuatan-Nya menciptakan alam makhluk seluruhnya, maupun dalam menerima ibadat segenap makhluk-Nya;
c.         Membenarkan dengan yakin, bahwa Allah bersifat dengan segala sifat sempurna, suci dari segala sifat kekurangan dan suci pula dari menyerupai segala yang baharu (makhluk).
Perlu dijelaskan lebih dahulu, bahwa membenarkan dalam pengertian iman seperti yang tersebut di atas, ialah suatu pengakuan yang didasarkan kepada makrifat. Karena itu perlulah kiranya diketahui dahulu akan arti dan kedudukan makrifat itu.
Makrifat ialah: "Mengenal Allah Tuhan seru sekalian alam" untuk mengenal Allah, ialah dengan memperhatikan segala makhluk-Nya dan memperhatikan segala jenis kejadian dalam alam ini.
f.       Kunci Jawaban.
1.      Apa Pengertian Iman ?
Pengertian iman dari bahasa Arab yang artinya percaya. Sedangkan menurut istilah, pengertian iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan tindakan (perbuatan). Dengan demikian, pengertian iman kepada Allah adalah membenarkan dengan hati bahwa Allah itu benar-benar ada dengan segala sifat keagungan dan kesempurnaanNya, kemudian pengakuan itu diikrarkan dengan lisan, serta dibuktikan dengan amal perbuatan secara nyata. Jadi, seseorang dapat dikatakan sebagai mukmin (orang yang beriman) sempurna apabila memenuhi ketiga unsur keimanan di atas.
2.      Apa Pengertian Iman Kepada Allah SWT, Jelaskan !
Iman kepada Allah ialah:
a.       Membenarkan dengan yakin akan adanya Allah;
b.      Membenarkan dengan yakin akan keesaan-Nya, baik dalam perbuatan-Nya menciptakan alam makhluk seluruhnya, maupun dalam menerima ibadat segenap makhluk-Nya;
c.       Membenarkan dengan yakin, bahwa Allah bersifat dengan segala sifat sempurna, suci dari segala sifat kekurangan dan suci pula dari menyerupai segala yang baharu (makhluk).
3.      Makrifat  ialah: "Mengenal Allah Tuhan seru sekalian alam" untuk mengenal Allah, ialah dengan memperhatikan segala makhluk-Nya dan memperhatikan segala jenis kejadian dalam alam ini.
g.      Senerai :
1.     Iman : Percaya, Yakin
2.     Malaikat :  Makhluk Gaib Yang tercipta dari Cahaya dan Patuh pada Allah
3.     Makrifat : Mengenal Allah Tuhan seru sekalian alam
4.     Dalil :Kalimat Yang dikutip dari kitab suci sebagai bukti kebenaran,  Bunyi Hukum
KEGIATAN BELAJAR III
a.       Beriman Kepada Malaikat Allah SWT
1.          Pengertian Malaikat
Menurut bahasa “ مَلَا ئِكَةٌ “ bentuk jama’ dari “ مَلَكٌ “. Disebutkan bahwa kalimat itu berasal dari kata “ أَلُوكَةُ “  (risalah),    dan ada yang menyatakan dari “ لأَ كَ “ (mengutus), kemudian sang pembawa misi biasanya disebut dengan Ar-Rasul dan ada pula yang berpendapat selain dari keduanya. Adapun menurut istilah, malaikat adalah salah satu jenis makhluk Allah  yang Ia ciptakan khusus untuk taat dan beribadah kepada-Nya serta mengerjakan semua tugas-tugasnya. Sebagaimana dijelaskan Allah  dalam firman-Nya: “Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya, dan tiada (pula) mereka letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.” (QS. Al-Anbiya’: 19-20) Juga sebagaimana firman Allah , “Dan mereka berkata, ‘Tiada yang Maha Pemurah telah mengambil (mempunyai) anak’. Maha Suci Allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tiada mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.” (QS. Al-Anbiya’: 26-27)
2.      Iman Kepada Malaikat
Salah satu makhluk Allah swt. yang diciptakan di alam ini adalah malaikat. Dia bersifat gaib bagi manusia, karena tidak dapat dilihat ataupun disentuh dengan panca indra manusia. Sebagai muslim kita diwajibkan beriman kepada malaikat. Iman kepada malaikat tersebut termasuk rukun iman yang kedua. Apa yang dimaksud iman kepada malaikat? Iman kepada malaikat berarti meyakini dan membenarkan dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menciptakan malaikat yang diutus untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu dari Allah. Dasar yang menjelaskan adanya makhluk malaikat tercantum dalam ayat berikut ini yang artinya: “Segala puji bagi Allah pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat.” (Q.S. Fatir: 1). Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadits riwayat Muslim tentang iman dan rukunnya. Dari Abdullah bin Umar, ketika diminta untuk menjelaskan iman, Rasulullah bersabda, “iman itu engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, Rasul-rasulNya dan hari akhir serta beriman kepada ketentuan (takdir) yang baik maupun yang buruk.” Dalam hadits tersebut, percaya kepada malaikat merupakan unsur kedua keimanan dalam Islam. Percaya kepada malaikat sangatlah penting karena akan dapat memurnikan dan membebaskan konsep tauhid dari bayangan syirik.
Dari ayat dan hadits di atas dapat diketahui bahwa beriman kepada malaikat merupakan perintah Allah dan menjadi salah satu syarat keimanan seseorang. Kita beriman kepada malaikat karena Al Qur’an dan Nabi memerintahkannya, sebagaimana kita beriman kepada Allah dan Nabi-Nya.
Beriman kepada Malaikat Meliputi Hal-hal Berikut Ini:
1.      Mengimani keberadaan para malaikat. Yakni para Malaikat itu termasuk alam ghaib, namun nyata adanya. Para Malaikat itu juga memiliki fisik/jasad, sebagaimana dalam firman Allah subhaanahu wa ta’aalaa (yang artinya) “Segala puji hanya khusus bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan Malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Q.S.Fathir: Maka termasuk kesalahan dalam beragama jika meyakini bahwa para Malaikat itu hanyalah simbol dari kekuatan maknawi, bukan makhluk yang memiliki substansi dan jasad. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga memberitakan bahwa ketika beliau Isra` dan Mi’raj, di langit ketujuh diperlihatkan kepada beliau al-Baitul Ma’mur, yang di rumah suci tersebut para Malaikat beribadah di dalamnya. Setiap harinya 70.000 malaikat masuk  ke dalamnya kemudian keluar dan tidak pernah kembali lagi, demikian seterusnya setiap hari. Ini menunjukkan bahwa jumlah para Malaikat itu sangat banyak, tidak ada yang mengetahui jumlah mereka kecuali Allah subhaanahu wa ta’aalaa.
2.      Mengimani nama-nama para Malaikat yang terdapat dalam Al-Qur`an dan hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Seperti Malaikat Jibril, Mika’il, Israfil, Munkar, Nakir, Malik, dan yang lainnya. Adapun yang tidak disebutkan namanya maka kita mengimani secara global bahwa mereka ada. Perlu diketahui, tidak semua Malaikat disebutkan namanya dalam Al-Qur`an atau hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan banyak pula yang hanya disebutkan sifat atau tugasnya, namun tidak disebutkan namanya. Adapun nama ‘Izrail, yang dikenal sebagai malaikat pencabut nyawa, maka nama tersebut tidak ada dasarnya dari Al-Qur`an maupun dari hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Nama ‘Izrail berasal dari sumber Israiliyyat (riwayat-riwayat Bani Israil). Dalam Al-Qur`an disebut “Malakul Maut” (QS. As-Sajdah: 11).
3.      Mengimani sifat-sifat para Malaikat sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur`an dan hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Seperti Malaikat Jibril ‘alaihis salaam yang Allah subhaanahu wa ta’aalaa sebutkan sifat-sifatnya dalam Al-Qur`an sebagai malaikat yang mulia, kuat, berwibawa, terpercaya, dan memiliki bentuk yang indah. “Sesungguhnya Al Qur’an itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy, yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi dipercaya.” (At-Takwir: 19-21) “Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat, yang mempunyai bentuk yang indah; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang asli.” (An-Najm: 5-6)
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga memberitakan bahwa beliau pernah menyaksikan Jibril dalam wujud aslinya yang memiliki 600 sayap (HR. al-Bukhari 3232, Muslim 147). Dari sayap tersebut bertebaran aneka warna yang merupakan mutiara-mutiara indah dan batu-batu yakut!! (HR. al-Baihaqi dalam Dala`il an-Nubuwwah II/372).
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang para Malaikat pemikul ‘Arsy, bahwa mereka memiliki fisik yang sangat besar, jarak antara cuping telinga dengan pundaknya adalah sejauh perjalanan 700 tahun !! (HR. Abu Dawud 4727, al-Baihaqi dalam al-Asma’ wa ash-Shifat 846).
4.      Mengimani tugas-tugas Malaikat yang disebutkan dalam Al-Qur`an dan hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Allah subhaanahu wa ta’aalaa adalah Dzat yang Maha Sempurna dan Maha Kuasa, yang sama sekali tidak butuh bantuan siapapun dalam mengurus alam semesta ini. Namun  dengan segala hikmah-Nya, Allah subhaanahu wa ta’aalaa menghendaki dan memerintahkan para Malaikat untuk mengurus beberapa urusan di alam semesta dengan izin-Nya. Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para rasul, yang dengannya terwujud kehidupan hati dan ruh. Mikail bertugas mengurus hujan, yang dengannya terwujud kehidupan badan. Israfil bertugas meniup sangkakala, yang dengannya terwujud kehidupan kembali (kebangkitan) setelah kematian. Tiga malaikat ini merupakan malaikat yang terbesar dan paling utama, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam salah satu do’a iftitah yang dibaca pada shalat malam mengatakan:
اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ، فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ  
“Ya Allah, Rabb yang mengatur Jibril, Mikail, dan Israfil, Pencipta langit dan bumi, Maha Mengetahui yang ghaib maupun yang tampak … “                               (HR. Muslim 770).
Di antara ketiga malaikat tersebut, yang paling utama adalah Jibril. Malik bertugas mengurus neraka, ada juga malaikat yang mengurus jannah (surga), disebutkan dia bernama Ridwan. Malakul Maut bertugas mencabut nyawa. Ada juga para malaikat yang bertugas memikul ‘Arsy. Di antara para malaikat tersebut ada pula yang ditugaskan oleh Allah subhaanahu wa ta’aalaa untuk mengurus manusia, sehingga malaikat memiliki hubungan yang sangat erat dengan umat manusia. Para malaikat adalah makhluk yang sangat menginginkan kebaikan dan keselamatan untuk manusia. Berbeda dengan syaithan, makhluk yang sangat menginginkan kejelekan dan kecelakaan bagi umat manusia. Oleh karena itu, banyak dalil-dalil yang menyebutkan bahwa para malaikat mendoakan kaum mukminin, di antaranya: “(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan Malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Rabb mereka dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau, dan jagalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala.” (Ghafir : 7)
Termasuk pada saat yang kritis/genting, yakni ketika sakaratul maut, para malaikat turun memberikan dukungan kepada orang beriman. Allah subhaanahu wa ta’aalaa berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (istiqamah), maka para malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan bergemberilah dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. Kami (para malaikat) adalah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat.“ (Fushshilat: 30-31)
Bahkan di jannah (surga) kelak, para malaikat akan mengucapkan salam kepada kaum mukminin penghuni jannah. Allah subhaanahu wa ta’aalaa berfirman (yang artinya):
وَالْمَلَائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ  سَلَامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ فَنِعْمَ عُقْبَى الدَّارِ
“Sedang para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka (jannah) dari semua pintu; (sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum (keselamatan atas kalian berkat kesabaran kalian). Maka Alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (Ar-Ra’d: 23-24)
Malaikat adalah kekuatan-kekuatan yang patuh, tunduk dan taat pada perintah serta ketentuan Allah SWT. Malaikat berasal dari kata “malak“ bahasa arab yang artinya kekuatan. Dalam ajaran agama islam terdapat 10 malaikat yang wajib kita ketahui dari banyak malaikat yang ada di dunia dan akherat yang tidak kita ketahui. Iman kepada malaikat adalah bagian dari Rukun Iman.
Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah.  Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya. Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul.
b.     Tes Formatif
-            Jelaskan pengertian Malaikat ?
-           Sebutkan Nama-nama malaikat beserta tugasnya ?
-           Bagaimanakah cara kita Mengimani Malaikat ?
c.      Umpan Balik
Malaikat adalah makhluk Allah yang Sangat Mulia, mereka sangat patuh dan royal kepada Allah, Malaikat diciptakan oleh Allah SWT jumlahnya ribuan dan  selalu berdo’a dan berdzikir kepada Allah SWT, sebagai manusia yang wajib kita ketahui hanya sepuluh malaikat saja. Namun kita harus mempercayai keberadaan Malaikat Ciptaan Allah SWT, salah satu bukti konkrit keberadaan malaikat adalah ketika Jibril Diutus oleh Allah menyampaikan Wahyu yang pertama Kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu surat al-alaq, dan surat itu terkandung didalam al-qur’an dan sampai saat ini dapat kit abaca dan kita jumpai di dalam Al-qur’an.
d.     Tindak Lanjut.
Malaikat diciptakan oleh Allah SWT tanpa di anugrahi nafsu, sehingga malaikat selalu tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Iman kepada malaikat maksudnya adalah meyakini adanya malaikat, walaupun kita tidak dapat melihat mereka, dan bahwa mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah.  Allah menciptakan mereka dari cahaya. Mereka menyembah Allah dan selalu taat kepada-Nya, mereka tidak pernah berdosa. Tak seorang pun mengetahui jumlah pasti malaikat, hanya Allah saja yang mengetahui jumlahnya. Walaupun manusia tidak dapat melihat malaikat tetapi jika Allah berkehendak maka malaikat dapat dilihat oleh manusia, terutama manusia-manusia yang menjadi pilihan Allah SWT untuk diberi petunjuk dan Hidaya-NYA, yang biasanya terjadi pada para Nabi dan Rasul. Seperti Nabi Muhammad SAW Ketika Menerima Wahyu Yang pertama di gua Hira’
e.      Rangkuman
Beriman kepada malaikat beerti wajib bagi setiap orang Islam mengetahui bahawa malaikat adalah makhluk yang Allah s.w.t jadikan daripada cahaya dan boleh berupa berbagai bentuk, tidak bersifat seperti sifat manusia. Malaikat juga menjalankan perintah Allah s.w.t dengan taat dan patuh. Jumlah malaikat adalah terlalu banyak dan kita sebagai umat Islam wajib mengetahui 10 daripadanya.
            Nama Malaikat                              Tugasnya
a.       Jibril                                        Menyampaikan wahyu
b.      Raqib                                       Mencatat amalan keburukan
c.       Atib                                         Mencatat amalan kebaikan
d.      Izrail                                        Mengambil nyawa
e.       Mikail                                      Menurunkan rezeki
f.       Israfil                                       Meniup sangkakala
g.      Mungkar                                  Menyoal orang mati
h.      Nankir                                     Menyoal orang mati
i.        Malik                                       Menjaga neraka
j.        Ridzuan                                   Menjaga syurga
f.      Kunci Jawaban
-          Menurut bahasa “ مَلَا ئِكَةٌ “ bentuk jama’ dari “ مَلَكٌ “. Disebutkan bahwa kalimat itu berasal dari kata “ أَلُوكَةُ “  (risalah),    dan ada yang menyatakan dari “ لأَ كَ “ (mengutus), kemudian sang pembawa misi biasanya disebut dengan Ar-Rasul dan ada pula yang berpendapat selain dari keduanya. Adapun menurut istilah, malaikat adalah salah satu jenis makhluk Allah  yang Ia ciptakan khusus untuk taat dan beribadah kepada-Nya serta mengerjakan semua tugas-tugasnya.
-          Nama Malaikat                                               Tugasnya
Ø   Jibril                                                        Menyampaikan wahyu
Ø   Raqib                                                      Mencatat amalan keburukan
Ø   Atib                                                         Mencatat amalan kebaikan
Ø   Izrail                                                        Mengambil nyawa
Ø   Mikail                                                      Menurunkan rezeki
Ø   Israfil                                                      Meniup sangkakala
Ø   Mungkar                                                 Menanyai orang mati
Ø   Nankir                                                     Menanyai orang mati
Ø   Malik                                                       Menjaga neraka
Ø   Ridzuan                                                  Menjaga syurga
-                Beriman kepada Malaikat Meliputi Hal-hal Berikut Ini:
g.      Mengimani keberadaan para malaikat.
h.      Mengimani sifat-sifat para Malaikat.
i.        Mengimani nama-nama para Malaikat yang terdapat dalam Al-Qur`an dan hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
j.        Mengimani tugas-tugas Malaikat yang disebutkan dalam Al-ur`an dan hadits Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
g.  Senarai
1.           Jamak ; Banyak, Rangkap, Ganda
2.           Risalah : Mengenai Kerasulan, Kerasulan, Surat selebaran mengenai agama
3.           Ghaib : Tidak Nampak
4.            Panca Indera : Alat Indera ( lima alat Indera ) Perasa, Pembau, Pelihat, pengecap Pendengar, Peraba.
5.            Jasad : Raga, Badan, tubuh, Sesuatu yang terwujud






Daftar Pustaka
Departemen Pendidikan Nasional Ensiklopedi Islam. PT Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 2002
Depdiknas, Kamus Bahasa Indonesia, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian PendidikanNasional, 2011
Departemen Agama Republik Indonesia, Pendidikan Agama Islam Kelas I SMU, Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam Sekolah Umum, Jakarta, 1994.
Al-Quran dan terjemahan CV Asy-Syfa, Semarang, 1998.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar