TUGAS MINGGUAN
MATA KULIAH : MEDIA
PEMBELAJARAN PAI
Nama : Supriyanto
NIM :
LOKAL :
1.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti
a. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
KELAS VII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MEDIA
|
ALASAN
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1. Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari
pemahaman rukun iman.
1.2. Beriman kepada Allah SWT
1.3. Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4. Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats
kecil dan hadats besar berdasarkan syariat Islam
1.5. Menunaikan shalat wajib berjamaah sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6. Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Jumu„ah (62): 9
1.7. Menunaikan shalat jamak qasar ketika
bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan
beribadah
|
1.1
VCD Qiro’at Al-qur’an
1.2
Gambar/papan tulis
1.3
Gambar/Papan tulis
1.4
Buku tentang thaharah
1.5
Buku/VCD gerakan sholat
1.6
Q.S. Al-Jumu’ah
1.7
Buku Panduan sholat sunah
|
1.1.
Peserta didik mendengarakan dengan jelas
ayat-ayat al-Qur’an.
1.2.
Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
1.3.
Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
1.4.
Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
1.5.
Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
1.6.
Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
1.7.
Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1. Menghargai perilaku jujur sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadits terkait
2.2. Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan
hadits terkait
2.3. Menghargai perilaku empati terhadap sesama
sebagai implementasi dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
2.4. Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah
(2):153, dan Q.S. Ali Imran (3):134, dan hadits terkait
2.5. Menghargai perilaku amanah sebagai
implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadits terkait
2.6. Menghargai perilaku istiqamah sebagai
implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
2.7. Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu
sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-‟Alim, al-Khabir,
as-Sami‟, dan al-Bashir) dan Q.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman
(55):33 serta hadits terkait
2.8. Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW,
periode Mekah dan Madinnah
2.9. Meneladani Sikap terpuji Khulafaurrrasyidin
|
2.1.
Q.S. Al-Baqarah, dan hadist hadis nabi
2.2.
Q.S. Al-Baqarah, VCD Ceramah,
2.3.
Q.S. An-Nisa, dan hadist hadis nabi
2.4.
Q.S. Al-Baqarah, Q.S An-Nisa, Q.S Ali-Imran
dan hadist hadis Nabi
2.5.
Q.S. Al-Anfal dan hadist hadis nabi.
2.6.
Q.S. Al-Ahqaf dan hadis hadis Nabi.
2.7.
Handout tentang asmaul Husna
2.8.
Sirah Nabawi dan Buku cerita tentang Nabi.
2.9.
Buku Sejarah Islam
|
2.1. Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
2.2. Bisa dilihat dan di dengar langsung oleh
peserta didik
2.3. Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
2.4. Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
2.5. Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
2.6. Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh
peserta didik
2.7. Mudah Dipahami dan di hafal
2.8.
Mudah Dimengerti
2.9.
Mudah Dimengerti
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1.
Memahami makna al-Asmaul-Husna: Al-‟Alim, al-Khabir, as-Sami‟, dan
al-Bashir
3.2.
Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
3.3.
Memahami kandungan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman
(55): 33 serta hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.4.
Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. An-Nisa
(4): 8 dan hadits terkait
3.5.
Memahami kandungan Q.S.An-Nisa (4):146, Q.S. Al-Baqarah (2):153, dan
Q.S. Ali Imran (3):134 serta hadits terkait tentang ikhlas,sabar, dan pemaaf
3.6.
Memahami makna amanah sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan
hadits terkait
3.7.
Memahami istiqamah sesuai kandungan Q.S. Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits
terkait
3.8.
Memahami ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
berdasarkan ketentuan syari‟at Islam
3.9.
Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.10. Memahami ketentuan shalat Jumat
3.11. Memahami ketentuan shalat Jamak
Qasar
3.12. Memahami sejarah perjuangan
Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.13. Mengetahui sikap terpuji
khulafaurrasyidin
Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadits terkait
|
3.1.Buku Asmaul Husna.
3.2.Buku buku tentang
tauhid/cermah agama
3.3. Ayat-ayat Al-Qur’an tentang
Pendidikan.
3.4.Buku buku tentang Sejarah
Tatakrama Nabi /cermah agama
3.5.Buku buku tentang Sejarah
Tatakrama Nabi /cermah agama
3.6.Buku buku tentang Sejarah
Tatakrama Nabi /cermah agama
3.7.Buku buku tentang Sejarah
Tatakrama Nabi /cermah agama
3.8.Papan tulis/Gambar
3.9.VCD gerakan sholat
3.10.
VCD Gerkan sholat
3.11.
Buku Panduan Sholat Sunah
3.12.
Sirah Nabawiyah
3.13.
Al-Qur’an Digital
|
3.1.Bisa dilihat dan dipahami
langsung oleh peserta didik
3.2.Bisa dilihat dan di dengar
langsung oleh peserta didik
3.3.Al-Quran dan Hadis
3.4.Bisa dilihat dan di dengar
langsung oleh peserta didik
3.5.Bisa dilihat dan di dengar
langsung oleh peserta didik
3.6.Bisa dilihat dan di dengar
langsung oleh peserta didik
3.7.Bisa dilihat dan di dengar
langsung oleh peserta didik
3.8.Bisa dilihat langsung oleh
peserta didik
3.9.Bisa dilihat langsung oleh
peserta didik
3.10.
Bisa dilihat langsung oleh
peserta didik
3.11.
Mudah dimengerti
3.12.
Mudah di mengerti untuk
dipahami
3.13.
Bisa dilihat dan didengar
peserta didik
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1.Membaca Q.S. Al- Mujadilah
(58):11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33, Q.S.An-Nisa (4): 146, Q.S. Al-Baqarah (2):
153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan tartil
4.2.Menunjukkan hafalan Q.S. Al-
Mujadilah (58): 11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33, Q.S. An-Nisa (4):146, QS. Al
Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan lancar
4.3.Mencontohkan perilaku empati
terhadap sesama sesuai kandungan QS An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
4.4.Mencontohkan perilaku amanah
sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal ( 8 ) : 27 dan hadist terkait.
4.5.Mencontohkan perilaku istiqamah
sesuai kandungan QS. Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
4.6.Mempraktikkan tata cara bersuci
dari hadats besar
4.7.Mempraktikkan shalat jamak dan
qashar
4.8.Mempraktikkan shalat berjamaah
4.9.Mempraktikkan shalat Jumat
|
4.1.Papan tulis/VCD/Handout
tentang huruf Al-Qur’an
4.2.VCD/Piringan hitam
4.3.Guru/ceramah
4.4.Buku Sejarah Nabi
4.5.Buku Sejarah Nabi
4.6.VCtentang thaharah/buku
bersuci
4.7.Buku Tentang sholat sunah
4.8.Buku tentang sholat
4.9.Buku tentang sholat
|
4.1.Mudah dimengerti dan
didengarkan oleh peserta didik.
4.2.Mudah dipahami
4.3.Mudah dipahami
4.4.Mudah Dimengerti
4.5.Mudah Dimengerti
4.6.Mudah dipahami
4.7.Bisa Langsung dipraktekkan
4.8.Bisa Langsung dipraktekkan
4.9.Bisa Langsung dipraktekkan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar