Minggu, 25 Januari 2015

Media Pembelajaran

TUGAS  MINGGUAN
MATA KULIAH  :     MEDIA PEMBELAJARAN PAI
Nama                     :     Supriyanto
NIM                       :     
LOKAL                 :     

1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti
a. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

KELAS VII

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR


MEDIA

ALASAN

1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya


1.1.     Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.


1.2.     Beriman kepada Allah SWT


1.3.     Beriman kepada malaikat Allah SWT


1.4.     Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan syariat Islam
1.5.     Menunaikan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6.     Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu„ah (62): 9
1.7.     Menunaikan shalat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah


1.1     VCD Qiro’at Al-qur’an



1.2     Gambar/papan tulis



1.3     Gambar/Papan tulis



1.4     Buku tentang thaharah


1.5     Buku/VCD gerakan sholat


1.6     Q.S. Al-Jumu’ah



1.7     Buku Panduan sholat sunah


1.1.    Peserta didik mendengarakan dengan jelas ayat-ayat al-Qur’an.
1.2.    Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik
1.3.    Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik
1.4.    Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik
1.5.    Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik
1.6.    Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik
1.7.    Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik



2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya


2.1.    Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadits terkait
2.2.    Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait
2.3.    Menghargai perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
2.4.    Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3):134, dan hadits terkait
2.5.    Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadits terkait
2.6.    Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
2.7.    Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-‟Alim, al-Khabir, as-Sami‟, dan al-Bashir) dan Q.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadits terkait
2.8.    Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW, periode Mekah dan Madinnah  
2.9.    Meneladani Sikap terpuji Khulafaurrrasyidin

2.1.  Q.S. Al-Baqarah, dan hadist hadis nabi


2.2.  Q.S. Al-Baqarah, VCD Ceramah,




2.3.  Q.S. An-Nisa, dan hadist hadis nabi



2.4.  Q.S. Al-Baqarah, Q.S An-Nisa, Q.S Ali-Imran dan hadist hadis Nabi




2.5.  Q.S. Al-Anfal dan hadist hadis nabi.



2.6.  Q.S. Al-Ahqaf dan hadis hadis Nabi.



2.7.  Handout tentang asmaul Husna







2.8.  Sirah Nabawi dan Buku cerita tentang Nabi.

2.9.  Buku Sejarah Islam


2.1.   Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik

2.2.   Bisa dilihat dan di dengar langsung oleh peserta didik


2.3.   Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik

2.4.   Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik


2.5.   Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik

2.6.   Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik

2.7.   Mudah Dipahami dan di hafal






2.8.   Mudah Dimengerti


2.9.   Mudah Dimengerti

3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata


3.1.     Memahami makna al-Asmaul-Husna: Al-‟Alim, al-Khabir, as-Sami‟, dan al-Bashir
3.2.     Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
3.3.     Memahami kandungan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.4.     Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
3.5.     Memahami kandungan Q.S.An-Nisa (4):146, Q.S. Al-Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3):134 serta hadits terkait tentang ikhlas,sabar, dan pemaaf
3.6.     Memahami makna amanah sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadits terkait
3.7.     Memahami istiqamah sesuai kandungan Q.S. Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
3.8.     Memahami ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan ketentuan syari‟at Islam
3.9.     Memahami ketentuan shalat berjamaah

3.10. Memahami ketentuan shalat Jumat

3.11. Memahami ketentuan shalat Jamak Qasar
3.12. Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.13. Mengetahui sikap terpuji khulafaurrasyidin
Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadits terkait

3.1.Buku Asmaul Husna.


3.2.Buku buku tentang tauhid/cermah agama
3.3. Ayat-ayat Al-Qur’an tentang Pendidikan.

3.4.Buku buku tentang Sejarah Tatakrama Nabi /cermah agama

3.5.Buku buku tentang Sejarah Tatakrama Nabi /cermah agama



3.6.Buku buku tentang Sejarah Tatakrama Nabi /cermah agama

3.7.Buku buku tentang Sejarah Tatakrama Nabi /cermah agama

3.8.Papan tulis/Gambar




3.9.VCD gerakan sholat


3.10.        VCD Gerkan sholat

3.11.        Buku Panduan Sholat Sunah
3.12.        Sirah Nabawiyah



3.13.        Al-Qur’an Digital



3.1.Bisa dilihat dan dipahami langsung oleh peserta didik
3.2.Bisa dilihat dan di dengar langsung oleh peserta didik
3.3.Al-Quran dan Hadis



3.4.Bisa dilihat dan di dengar langsung oleh peserta didik

3.5.Bisa dilihat dan di dengar langsung oleh peserta didik


3.6.Bisa dilihat dan di dengar langsung oleh peserta didik

3.7.Bisa dilihat dan di dengar langsung oleh peserta didik

3.8.Bisa dilihat langsung oleh peserta didik

3.9.Bisa dilihat langsung oleh peserta didik
3.10.        Bisa dilihat langsung oleh peserta didik
3.11.        Mudah dimengerti
3.12.        Mudah di mengerti untuk dipahami

3.13.        Bisa dilihat dan didengar peserta didik



4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



4.1.Membaca Q.S. Al- Mujadilah (58):11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33, Q.S.An-Nisa (4): 146, Q.S. Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan tartil
4.2.Menunjukkan hafalan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33, Q.S. An-Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan lancar
4.3.Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan QS An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
4.4.Mencontohkan perilaku amanah sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal ( 8 ) : 27 dan hadist terkait.
4.5.Mencontohkan perilaku istiqamah sesuai kandungan QS. Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
4.6.Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadats besar

4.7.Mempraktikkan shalat jamak dan qashar
4.8.Mempraktikkan shalat berjamaah
4.9.Mempraktikkan shalat Jumat


4.1.Papan tulis/VCD/Handout tentang huruf Al-Qur’an



4.2.VCD/Piringan hitam






4.3.Guru/ceramah



4.4.Buku Sejarah Nabi



4.5.Buku Sejarah Nabi



4.6.VCtentang thaharah/buku bersuci
4.7.Buku Tentang sholat sunah
4.8.Buku tentang sholat

4.9.Buku tentang sholat


4.1.Mudah dimengerti dan didengarkan oleh peserta didik.



4.2.Mudah dipahami






4.3.Mudah dipahami



4.4.Mudah  Dimengerti


4.5.Mudah  Dimengerti


4.6.Mudah dipahami


4.7.Bisa Langsung dipraktekkan
4.8.Bisa Langsung dipraktekkan
4.9.Bisa Langsung dipraktekkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar