KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||||||
Satuan Pendidikan | : | SMP/MTS Sederajat | |||||
Kelas | : | VIII/Delapan | |||||
Semester | : | 1,2 | |||||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | KKM KD | KKM KI | KKM MP | Keterangan | |
1 | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. | 1.1 | Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman. | 78 | 64 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport sedang ) point 2, kompleksitas (kerumitan/kedalaman materi/ soal sedang) point 2, daya dukung tinggi point 3 ( Banyak tersedia al-quran ). |
1.2 | Meyakini Kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup sehari-hari | 67 | 64 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal sedang) point 2, daya dukung tinggi point 3 ( Banyak tersedia al-quran ). | ||
1.3 | Meyakini Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman | 67 | 64 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport sedang ) point 2, kompleksitas (kerumitan soal tinggi) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( Banyak tersedia buku sejarah nabi saw ). | ||
1.4 | Menunaikan shalat sunnah | 78 | 64 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal sedang) point 2, daya dukung sedang point 2 ( cukup tersedia buku tentang tuntunan sholat ). | ||
1.5 | Menerapkan ketentuan sujud syukur, sujud tilawah dan sujud syahwi berdasarkan syariat Islam | 33 | 64 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal tinggi) point 1, daya dukung rendah point 1 ( minimnya buku tentang sujud dan sukur ). | ||
1.6 | Menunaikan puasa Ramadhan dan puasa sunnah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam | 56 | 64 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport sedang ) point 2, kompleksitas (kerumitan soal tinggi) point 1, daya dukung sedang point 2 (cukup tersedia buku tentang puasa dan rukun islam). | ||
1.7 | Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi | 67 | 64 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal sedang) point 2, daya dukung tinggi point 3 ( Banyak tersedia buku tentang kesehatan ). | ||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | KKM KD | KKM KI | KKM MP | Keterangan | |
2 | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya | 2.1 | Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8 dan hadits terkait | 78 | 72.5 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal sedang) point 2, daya dukung sedang point 2 ( cukup tersedia buku tentang budi pekerti ). |
2.2 | Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36 dan hadits terkait | 78 | 72.5 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal sedang) point 2, daya dukung sedang point 2 ( cukup tersedia buku tentang budi pekerti ). | ||
2.3 | Menghargai perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al- Ashr (103):2-3, Q.S. Al-Hujurat (49):12 dan hadits terkait | 78 | 72.5 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal sedang) point 2, daya dukung sedang point 2 ( cukup tersedia buku tentang budi pekerti dan Al-qur'an terjemaah ). | ||
2.4 | Menghargai perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Furqan (25): 63, Q.S. Al Isra‟(17):27 dan hadits terkait | 67 | 72.5 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal tinggi ) point 1, daya dukung sedang point 2 ( cukup tersedia buku tentang budi pekerti dan Al-qur'an terjemaah ). | ||
2.5 | Menghargai perilaku mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl (16):114 dan hadits terkait | 78 | 72.5 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal tinggi ) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( Banyak tersedia buku tentang budi pekerti, buku kesehatan dan Al-qur'an terjemaah ). | ||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | KKM KD | KKM KI | KKM MP | Keterangan | |
2.6 | Menghargai perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta hadits terkait. | 56 | 72.5 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal tinggi ) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang budi pekerti, buku kesehatan, VCD film pendek tentang akibat maksiat, judi dan narkoba | ||
2.7 | Menghargai perilaku semangat menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-‟Alim, al-Khabir, as-Sami‟, dan al-Bashir) dan Q.S.Al- Mujadilah (58):11 dan Ar-Rahman (55):33 serta hadist terkait. | 56 | 72.5 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal tinggi ) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang budi pekerti, buku asma'ul husna, VCD asma'ul husna, buku buku cerita motivasi. | ||
2.8 | Meneladani semangat ilmuwan muslim dalam menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari | 89 | 72.5 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal rendah ) point 3, daya dukung sedang point 2 ( cukup tersedia buku tentang budi pekerti, VCD pembelajaran, buku buku cerita motivasi. | ||
3 | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata | 3.1 | Memahami makna Q.S. Al-Furqan (25):63; Q.S.Isra‟(17): 27; Q.S. An Nahl (16):114; Q.S.Al-Maidah (5): 90–91 dan32 serta hadits terkait | 89 | 68 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal rendah ) point 3, daya dukung sedang point 2 ( cukup tersedia VCD pembelajaran Al-Qur'an, Al-Quran terjemah. |
3.2 | Memahami makna beriman kepada Kitab-kitab Allah | 56 | 68 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal tinggi ) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang Rukun Iman, Al-Quran terjemah. | ||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | KKM KD | KKM KI | KKM MP | Keterangan | |
3.3 | Memahami makna beriman kepada Rasul Allah SWT | 56 | 68 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal tinggi ) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang Rukun Iman, Al-Quran terjemah. | ||
3.4 | Memahami hikmah shalat sunnah berjamaah dan munfarid | 78 | 68 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport sedang ) point 2, kompleksitas (kerumitan soal sedang ) point 2, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang tuntunan sholat. | ||
3.5 | Memahami hikmah sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah | 78 | 68 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport sedang ) point 2, kompleksitas (kerumitan soal sedang ) point 2, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang Syukur kepada Allah SWT | ||
3.6 | Memahami hikmah puasa wajib dan sunnah | 56 | 68 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal tinggi ) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang Puasa Wajib dan sunah, Al-Quran terjemah. | ||
3.7 | Memahami hikmah penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram berdasarkan Al-quran dan hadist | 56 | 68 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal tinggi ) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang, buku kesehatan, VCD film pendek tentang penting dan Baiknya makanan. | ||
3.8 | Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah | 78 | 68 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport sedang ) point 2, kompleksitas (kerumitan soal sedang ) point 2, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang sejarah Bani Umayah dan Abasiyah | ||
No | Kompetensi Inti | Kompetensi Dasar | KKM KD | KKM KI | KKM MP | Keterangan | |
4 | Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori | 4.1 | Membaca Q.S. Al Furqan (25): 63, Al-Isra‟(17): 27; Q.S. An Nahl (16): 114; Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan32 dengan tartil | 33 | 67 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport rendah ) point 1, kompleksitas (kerumitan soal tinggi) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( Banyak tersedia al-quran terjemah dan al-qur'an digital ) |
4.2 | Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Furqan (25) ayat 63, Q.S. Al- Q.S. Al Furqan (25): 63, Al-Isra‟(17): 27; Q.S. An Nahl (16): 114; Q.S. AlMaidah (5): 90–91 dan32 serta Hadits terkait | 67 | 67 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal tinggi) point 1, daya dukung tinggi point 3 ( Banyak tersedia al-quran terjemah dan al-qur'an digital ) dan hadist terkait | ||
4.3 | Mempraktikkan shalat sunnah berjamaah dan munfarid | 78 | 67 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal rendah) point 3, daya dukung rendah point 1 ( minimnya sarana ibadah seperti sarung telekung serta buku pendukung. ) | ||
4.4 | Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah | 78 | 67 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport tinggi ) point 3, kompleksitas (kerumitan soal rendah) point 3, daya dukung rendah point 1 ( minimnya sarana ibadah seperti sarung, telekung serta tempat ibadah. ) | ||
4.5 | Merekonstruksi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan sampai masa Umayah dan masa Abbasiyah untuk kehidupan sehari-hari | 78 | 67 | 68 | inteks ( Nilai rata rata raport sedang ) point 2, kompleksitas (kerumitan soal sedang ) point 2, daya dukung tinggi point 3 ( banyak tersedia buku tentang sejarah Bani Umayah dan Abasiyah |
Minggu, 25 Januari 2015
KKM KD
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar